Tahukah Kamu? Ternyata Madu Adalah Makanan Yang Tidak Akan Basi, Madu Dapat Bertahan Hingga 3000 Tahun Lamanya

Sabtu, 27 Maret 2021 | 23:17 WIB

RIAU24.COM – Madu sudah digunakan manusia sejak berabad-abad yang lalu. Pada zaman Mesir kuno, madu sudah menjadi barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bahkan pada masa itu, masyarakat Mesir menghargai madu dengan harga yang tinggi sekali bahkan menyamai harga mata uang yang langka.

Dalam upacara adat sekalipun mereka juga menggunakan madu untuk memberi makan kepada binatang yang akan dipersembahkan kepada dewa-dewa.

Berikut fakta tak terduga tentang madu yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Sudah ada sejak 7.000 tahun sebelum masehi

Di gua Afrika dan Spanyol terdapat gambar orang mengumpulkan madu dari retakan batu dan pohon sementara lebah mengitari mereka.

2. Madu tidak dapat basi

Ternyata madu merupakan satu-satunya makanan yang tidak dapat basi (kadaluwarsa), dan madu dapat bertahan sampai 3.000 tahun lamanya. Bagaimana hal tersebut dapat diketahui?

Pada saat para ilmuwan menggali piramid yang telah berumur lebih dari 3.000 tahun, ditemukan madu di samping mumi. Madu tersebut ditemukan dengan kondisi yang masih baik dan tidak rusak.

Oleh karena hal tersebut, madu menunjukkan bahwa madu tidak pernah basi dan bisa disimpan sampai beribu-ribu tahun.

Akan tetapi, kenapa madu dapat bertahan selama beribu-ribu tahun?

Ternyata madu memiliki kandungan air yang sangat rendah sehingga bakteri pembusuk tidak dapat hidup di dalamnya.

Selain itu, madu memiliki tingkat keasaman (pH) berkisar antara 3,2-4,5. Sehingga tingkat keasaman yang dimiliki madu ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri.

3. Madu merupakan mata uang pada zaman dahulu

Pada zaman Mesir kuno, tepat pada tahun 3.000 sebelum masehi. Madu telah menjadi barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bahkan pada masa itu, masyarakat Mesir menghargai madu dengan harga yang sangat tinggi bahkan menyamai harga mata uang yang langka. Oleh karena itu, madu pada zaman tersebut digunakan sebagai alat pembayaran sehari-hari.

4. Mempunyai banyak khasiat

Dari zaman dahulu madu selain sebagai pemanis tambahan pada makanan dan minuman, madu dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari obat berbagai penyakit, meningkatkan daya ingat, hingga untuk kecantikan.

5. Madu sebagai zat pengawet

Selain memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, madu juga merupakan zat yang dapat mengawetkan daging atau pun buah.

Selain itu juga madu dapat mengawetkan mayat, hal tersebut telah dilakukan pada zaman Mesir kuno dimana madu digunakan sebagai pengawet mayat para bangsawan yang disimpan di dalam piramida.

Selain itu pada zaman Mesir kuno madu juga telah digunakan sebagai alat kecantikan dan juga kesehatan oleh ratu Cleopatra.

Hal tersebut dikarenakan madu memiliki kandungan Asetilkolin yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah.

Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.

Dan masih banyak fakta-fakta menarik lainnya mengenai madu. Madu, selain memiliki kandungan gula yang tinggi seperti fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %, madu juga memiliki kandungan komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan.

Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium.

Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya.

Oleh karena itu jangan ragu dalam mengkonsumsi madu yang kaya akan khasiatnya ini.

PenulisR24/riz

SUMBER:

https://www.riau24.com/berita/baca/1616862043-tahukah-kamu-ternyata-madu-adalah-makanan-yang-tidak-akan-basi-madu-dapat-bertahan-hingga-3000-tahun-lamanya