Sereh Dicampur Madu Dapat Mengatasi Kanker dan 9 Gangguan Kesehatan Lainnya

Sevie Safitri Rosalina – 5 Maret 2021, 17:45 WIB

RINGTIMES BALI – Sereh atau serai dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tertentu. Apalagi dicampur dengan madu akan melipat gandakan khasiat yang didapat.

Sereh memiliki kandungan antioksidan, anti peradangan, anti jamur, hingga anti-piretiknya dapat membantu mengatasi masalah kesehatan pada tubuh.

Selain itu, sereh dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh sehingga dapat meredakan ketegangan dan tekanan pada seseorang.

Sereh bisa dikonsumsi dalam bentuk teh serai yang dicampur dengan madu. Kombinasi sereh dengan madu ini disarankan untuk diminum dua cangkir setiap harinya dan tidak dianjurkan melebihinya.

Ramuan ini bisa dibuat dengan mudah secara mandiri di rumah. Berikut bahan dan cara pembuatannya diantaranya:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 batang sereh atau serai
  • Madu secukupnya
  • 1 gelas air

Proses membuatnya yaitu:

  • Kupas permukaan luar daun dan buang.
  • Rebus air dan masukkan sereh ke dalamnya
  • Biarkan air mendidih dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit.
  • Tambahkan madu ke dalamnya
  • Saring ramuan tersebut
  • Setelah selesai, angkat, sajikan, dan minum selagi hangat

Dikutip Ringtimes Bali dari laman Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat campuran sereh dan madu diantaranya:

1. Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa serai mengandung antioksidan berupa beta karoten yang kuat untuk menghentikan kanker yang baru muncul.

Berbagai penelitian lain juga merekomendasikan bahwa ekstrak serai memiliki kemampuan untuk mengatasi pembengkakan pada kornea mata yang terlihat kabur.

Dengan demikian, campuran serai dengan madu dapat memberikan manfaat apabila diminum bagi penderita kanker.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Selain itu, campuran serai dengan madu juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. Serai juga dapat membantu menurunkan lemak dalam perut sehingga dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, campuran bahan alami tersebut juga membantu mengurangi masalah usus serta menghilangkan zat berbahaya yang meresap ke seluruh tubuh.

Tidak hanya itu, serai juga membantu ginjal bekerja efisien serta kandung kemih karena kualitas diuretiknya yang alami.

3. Tekanan Darah Tinggi

Cara alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi serta peradangan dapat dengan mengonsumsi campuran serai dengan madu selagi hangat.

4. Sakit kepala

Dengan meminum campuran serai dan madu dapat memberikan ketenangan dan mengurangi masalah seperti stress dan insomnia.

Di sisi lain, sama halnya seperti obat aspirin, serai ini efektif untuk migrain dan sakit kepala.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Baik sereh maupun madu memiliki manfaat untuk mendetoksifikasi tubuh sehingga dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Dengan demikian, kombinasi kedua bahan alami tersebut dapat menjadi alternatif untuk mendetoksifikasi pankreas, kandung kemih, ginjal, serta hati.

6. Meredakan batuk dan pilek

Kandungan vitamin C dalam serai dalam membantu meringankan penyumbatan hidung, flu, dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma bronkial.

Dengan demikian, campuran serai dan madu dapat secara efektif mengatasi masalah batuk dan pilek serta dapat meredakan nyeri tubuh yang mengganggu ketika terserang flu.

7. Insomnia

Serai dapat membantu menenangkan otot dan saraf sehingga dapat mendorong seseorang untuk tidur nyenyak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa campuran serai dan madu memiliki sifat penenang dan hipnotis yang membantu meningkatkan durasi tidur sehingga dapat mengatasi masalah insomnia.

8. Jerawat

Serai juga telah dikenal sebagai tonik kulit untuk mengatasi kulit berminyak ataupun berjerawat. Hal ini dikarenakan astringen dan sifat antiseptiknya yang dapat membantu memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori juga mensterilkannya.

Selain itu, dengan mengonsumsi campuran serai dengan madu ini juga dapat mengatasi masalah jerawat serta dapat meningkatkan elastisitas kulit.

9. Gangguan mata

Dengan mengonsumsi campuran serai dan madu dapat menurunkan risiko gangguan mata sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

Hal ini dikarenakan serai mengandung vitamin A yang dapat membantu retina agar tetap sehat dan melakukn sintesis untuk sel batang sehingga dapat berfungsi baik dalam keadaan pencahayaan yang buruk.

10. Kolesterol LDL

Campuran serai dengan madu juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Kandungan mangan yang terdapat dalam serai memiliki peran penting dalam mengontrol kolesterol tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi serai dapat menjaga kadar trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol jahat atau LDL.***

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Health Benefits Times

SUMBER:

https://ringtimesbali.pikiran-rakyat.com/kesehatan/pr-281539711/sereh-dicampur-madu-dapat-mengatasi-kanker-dan-9-gangguan-kesehatan-lainnya