Selain sebagai Pemanis Alternatif, Madu Ternyata Mampu Atasi Permasalahan Kulit Wajah

Martina Kristiara
– 28 Februari 2021, 16:33 WIB

LINGKAR MADIUN – Madu adalah zat manis dan lengket yang disimpan lebah di sarangnya. Dalam bentuk aslinya, madu dihasilkan oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang bersatu untuk menciptakan bahan yang kuat dengan berbagai kegunaan.

Proses unik untuk menghasilkan madu membuatnya sangat berharga untuk penggunaan di bidang kosmetik. Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki potensi paling besar untuk digunakan pada kulit wajah.

Berikut manfaat madu untuk mengatasi berbagai permasalahan di kulit wajah.

Wajah berjerawat, psoriasis, dan eksim

Madu untuk kondisi kulit yang kronis dapat digunakan sebagai pasta atau masker yang diolesakan ke kulit wajah selama beberapa menit.

Hal terpenting dalam menggunakan madu untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Selain itu, madu yang digunakan harus tetap mengandung bakteri sehat agar efektif dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, membantu mengatasi peradangan dan kemerahan, serta menyembuhkan bekas luka.

Madu untuk mencerahkan dan mencerahkan kulit

Madu memiliki khasiat untuk pengelupasan, sehingga menggunakannya pada kulit wajah bisa menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

Gunakan madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke kulit wajah setelah mencuci muka. Biarkan madu selama beberapa menit sebelum dibilas.

Madu untuk menghilangkan bekas luka

Madu membantu proses penyembuhan sel tubuh, sehingga dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Madu dapat dioleskan setiap hari di atas bekas luka.

Namun, pastikan untuk berhati-hati sebelum menggunakan madu pada bekas luka karena sebuah penelitian menemukan bahwa madu mungkin tidak baik untuk jaringan parut yang disebabkan oleh luka bakar dan luka dalam.

Efek samping mengoleskan madu di wajah

Madu bisa menyebabkan reaksi alergi pada sejumlah orang. Pastikan untuk selalu menguji produk baru pada sebagian kecil dari kulit untuk mengetahui apakah terjadi alergi atau tidak.

Jangan lupa untuk menghilangkan madu dari wajah sebelum tidur karena madu yang tertinggal di wajah dapat menarik debu dan kotoran lainnya, sehingga semakin memperburuk kondisi jerawat.***

Editor: Dwiyan Setya Nugraha
Sumber: Healthline

SUMBER:

https://lingkarmadiun.pikiran-rakyat.com/life-style/pr-661511848/selain-sebagai-pemanis-alternatif-madu-ternyata-mampu-atasi-permasalahan-kulit-wajah