Resep Bolu Madu Sederhana yang Manis dan Lembut, Bikin Yuk!

09 Mar 21 | 09:09
Naufal Al Rahman

Rasanya gak kalah enak dari yang original dan cokelat.

Kalau biasanya bolu identik dengan rasa original, cokelat, atau pandan. Selain itu, ada pula yang dipadukan dengan madu, loh. Rasa manis pada bolu menjadi lebih alami, teksturnya pun kian lembut dan lembap.

Pengin cobain rasa dari bolu madu yang sederhana, tapi enak banget? Yuk, coba bikin sendiri di rumah dengan resep berikut ini! Cara memasaknya dan bahan-bahannya simpel, kok.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 120 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram cokelat chip
  • 50 ml madu
  • 3 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • 4 sdm susu bubuk

2. Kocok putih telur dan gula sampai mengembang

Sebelum membuat adonan, siapkan loyang dan panaskan oven terlebih dahulu. Olesi loyang dengan mentega atau alasi dengan baking paper. Atur oven dengan suhu 170 derajat Celsius.

Setelah itu, masukkan seluruh putih telur bersama gula pasir ke dalam wadah. Kocok menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai mengembang dan kaku.

3. Masukkan madu dan tepung ke adonan

Tambahkan kuning telur ke dalam adonan putih telur. Tuang satu per satu sambil terus diaduk sampai merata. Masukkan pula madu, aduk kembali agar tercampur rata.

Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak. Berikan pula margarin yang sudah dilelehkan dan cokelat chip. Aduk menggunakan spatula sampai menjadi adonan yang pas.

4. Panggang adonan hingga matang sempurna

Jika adonan sudah siap, tuangkan ke dalam loyang sampai 3/4 bagiannya. Hentakkan loyang, supaya udara yang ada di dalamnya keluar.

Setelah itu, masukkan loyang ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Jika sudah, keluarkan dan biarkan dingin. Sajikan bolu madu ini dengan minuman kesukaanmu, ya.

5. Tips yang bisa kamu terapkan

Supaya bolu madu buatanmu terasa empuk dam lembut, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat membuatnya.

  1. Saat menuang madu, kamu bisa mencairkannya terlebih dahulu, supaya mudah tercampur dengan adonan. Larutkan dengan air hangat, ya.
  2. Pastikan tepung terigu dan susu bubuknya diayak. Ini bisa membuat tekstur bolu semakin lembut dan empuk.
  3. Jika sudah matang, jangan langsung dipotong. Tunggu sampai sedikit dingin, supaya bolu tetap mengembang sempurna.

Nah, itulah resep praktis membuat bolu madu yang sederhana dengan rasa nikmat. Sekarang kamu bisa lebih berkreasi dengan rasa bolumu, deh. Biar gak melulu cokelat atau pandan saja.

SUMBER:

https://www.idntimes.com/food/recipe/naufal-al-rahman-1/resep-bolu-madu