Manis dan Dingin, Es Krim Juga Bisa Obati Sariawan pada Anak, Ini Bahan Alami Lainnya untuk Obat

Senin, 22 Maret 2021 06:41

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Sariawan pada anak-anak tidak saja membuat anak kadang menjadi rewel tapi juga mengurangi nafsu makan dengan alasan perih.

Namun Mom, jangan panik, bila anak tidak mau diobati dengan obat khusus sariawan, cara alami ini bisa dicobakan untuk meredakan sariawan anak.

Dikutip dari Kontan.Id, penyebab sariawan anak-anak bermacam-macam, mulai dari stres, terluka, kekurangan vitamin dan mineral, hingga alergi.

Anda bisa mencoba obat sariawan dari bahan alami berikut:

Madu

Untuk anak yang berusia di atas satu tahun, madu bisa digunakan sebagai obat sariawan anak. Aplikasikan madu pada sariawan dan area di sekitarnya beberapa kali.

Sebab, madu mengandung antimikroba yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Kunyit

Mengutip dari Firstcry.com, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat sariawan anak. Kunyit memiliki banyak kandungan yang dapat menyembuhkan sariawan.

Kandungan tersebut adalah antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Anda bisa menggabungkan obat sariawan anak ini dengan madu agar lebih mudah digunakan.

Kelapa

Anda bisa memakai kelapa sebagai obat sariawan anak yang efektif.

Anda bisa memberikan air kelapa kepada anak untuk diminum atau memberikan santan untuk berkumur.

Jika tak ada kelapa, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati sariawan anak. Hanya, melansir Firstcry.com, jangan menggunakan minyak kelapa pada anak yang berusia di bawah satu tahun.

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah bahan alami lain yang bisa dipakai sebagai obat sariawan anak.

Selain mengobati sariawan, kandungan antibakteri pada Aloe vera juga efektif untuk menjaga kesehatan gusi.

Anda bisa menggunakan Aloe vera dalam bentuk gel pada sariawan anak. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan gel aloe vera pada air dingin kemudian gunakan campuran itu untuk berkumur.

Untuk hasil maksimal, berkumurlah sebanyak tiga kali dalam sehari.

Es Krim

Obat sariawan anak juga bisa berasal dari makanan dingin, lo. Anda bisa memilih rasa es krim yang disukai anak untuk meredakan sakit sariawan secara instan.

Garam

Selain berkumur menggunakan Aloe vera, Firstcry.com menyebutkan, obat sariawan anak yang berasal dari larutan garam. Anda bisa mengganti garam dengan baking soda.

Pastikan, anak Anda tidak menelan campuran itu karena dapat membahayakan kesehatan.

Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Kontan

SUMBER:

https://jabar.tribunnews.com/2021/03/22/manis-dan-dingin-es-krim-juga-bisa-obati-sariawan-pada-anak-ini-bahan-alami-lainnya-untuk-obat?page=all