Kena Vertigo, Coba Atasi dengan Teh Jahe dan Madu

Muhammad Sukardi, Jurnalis ยท Sabtu 06 Februari 2021 21:38 WIB

MENINGGALNYA Rektor Universitas Paramadina, Firmanzah, akibat vertigo harus disikapi serius semua orang, khususnya bagi mereka yang memiliki vertigo. Penyakit tersebut tidak bisa dianggap angin lalu.

Gejala vertigo memang bisa datang dan pergi begitu saja, tapi kalau sudah kronis gejala yang muncul bisa sangat parah dan terjadi bukan hanya beberapa detik, tapi sampai berminggu-minggu.

Upaya penanganan vertigo harus dilakukan serius. Meski begitu, penyakit ini tidak hanya bisa ditangani secara medis. Ya, menurut Psikolog Kesehatan Debra Rose Wilson, PhD, ada beberapa penanganan herbal yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo.

Ginkgo biloba

“Ginkgo biloba adalah ramuan China yang dikenal mampu mengatasi gejala vertigo. Bahan alami ini bekerja dengan mengatur aliran darah ke otak untuk meredakan pusing dan masalah keseimbangan,” papar Wilson di laman Medical News Today.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Internasional Journal of Otolaryngology menemukan bahwa ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat betahistine dalam mengelola vertigo.

Teh jahe

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupunture and Tuina Science menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada reposisi manual seperti manuver epley saja.

“Akar jahe bisa direndam dalam secangkir air mendidih selama 5 menit. Madu bisa membantu meredakan rasa pahitnya. Kemudian, minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu meringankan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya,” terang Wilson.

Kacang almond

Kacang almond kaya akan vitamin A, B, dan E. Makan segenggam almond setiap hari dapat membantu meredakan gejala vertigo.

“Kalau ditanya bagaimana almond mampu membantu, tidak diketahui pasti. Tetapi ada kemungkinan kandungan vitaminnya dapat melawan penyebab vertigo,” ujar Wilson.

Cuka apel dan madu

Dua bahan alami ini dipercaya memiliki khasiat kuratif untuk melancarkan aliran darah ke otak. “Dua bahan alami ini pun dipercaya dapat mencegah bahkan mengobati vertigo,” tambah Wilson.

Rajin minum air putih

Terdengar klise memang saran ini tapi sangat bermanfaat. Vertigo bisa muncul salah satunya karena tubuh kekurangan cairan tubuh, karena itu tetap terhidrasi adalah solusi yang bisa dipercaya.

“Dehidrasi dapat menyebabkan vertigo. Karena itu, tetap terhidrasi dapat membantu meminimalkan pusing dan masalah keseimbangan,” kata Wilson.

Secara umum, tubuh membutuhkan 8 hingga 12 cangkir cairan setiap harinya. Pastikan cairan yang dipilih itu bebas kalori dan kafein, serta bukan diuretik sebab dapat meningkatkan jumlah air dan garam yang dikeluarkan tubuh lewat urin.

Essential oil

Memanfaatkan essential oil juga dapat meringankan gejala vertigo. Aroma yang direkomendasikan adalah peppermint, jahe, lavender, dan lemon.

“Untuk memanfaatkannya, Anda bisa larutkan essential oil di alat infuser atau di air hangat biasa,” saran Wilson.

SUMBER:

https://lifestyle.okezone.com/read/2021/02/06/612/2357730/kena-vertigo-coba-atasi-dengan-teh-jahe-dan-madu

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *