Jaga Imunitas Saat Pandemi, Yuk Coba Resep Teh Madu Rempah

Kamis, 18 Februari 2021 | 07:57 WIB
Oleh: Ichsan SuhendraDiza Liane Sahputri

VIVA – Madu sudah dikenal dengan beragam khasiatnya, terutama bagi imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan saat pandemi COVID-19 ini. Terlebih, jika madu dipadukan dengan beberapa jenis rempah yang juga memiliki manfaat luar biasa, tentu akan sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Ahli Herbal, Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, MSi, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, menyebutkan bahwa madu dan air hangat adalah resep paling sederhana untuk menjaga imunitas tubuh. Apalagi, dengan campuran lemon, imunitas tubuh akan makin meningkat.

“Madu campur air panas lalu peras setengah lemon, ini yang paling simpel, boleh diminum dua kali sehari, kalau sudah ada gejala pilek disarankan 3 kali sehari,” ujar Inggrid.

Sebaiknya, minuman hangat itu dikonsumsi sebelum makan. Namun, karena sifatnya sebagai alkali, maka boleh diminum setelah makan bagi pengidap maag untuk mencegah asam lambung naik.

“4 gelas sih bisa, maksimal. Anak 1 tahun ke atas juga boleh. Kalau maag, ya setelah makan, tapi ada orang maag bisa sebelum makan, tapi tergantung orangnya,” jelas Inggrid.

Tak hanya lemon, campuran madu dan kunyit pun mampu menjaga imunitas dengan lebih baik. Apalagi, kunyit memang memiliki sifat sebagai imunodulator yang mampu menjaga imunitas tetap stabil.

Nah, seperti apa resepnya? Berikut resep teh madu rempah.

Bahan:

  • 1 inchi kunyit, iris
  • 1 inchi jahe, iris
  • 2 butir cengkeh
  • 2 butir lada hitam
  • 1 sdm madu
  • Lemon
  • 2 gelas air

Cara membuat

Masukan air dan rebus hingga mendidih. Masukan jahe, cengkeh, lada hitam, dan madu, tunggu sampai air menyusut hingga pas untuk 1 gelas. Tuang, lalu tambah madu dan perasan lemon. Aduk, siap dinikmati.

SUMBER:

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1349290-jaga-imunitas-saat-pandemi-yuk-coba-resep-teh-madu-rempah

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *