Efektif, Inilah 3 Cara Mengatasi Bibir Kering Plus Cara Mencegahnya

Senin, 01 Maret 2021 | 12:22 WIB
Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Ada banyak orang yang sering mengalami bibir kering. Jika terus dibiarkan, kondisi itu bisa membuat bibir pecah-pecah hingga mengalami infeksi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada banyak cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda coba.

Tidak seperti bagian kulit yang lain, bibir Anda tidak memiliki kelenjar minyak sehingga kelembabannya sulit terjaga. Apalagi saat Anda dehidrasi atau berada di cuaca dingin dan kering. Masalah itu bisa Anda atasi dengan lip balm.

Namun, jika lip balm tak cukup mampu mengatasi masalah bibir Anda, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral dalam bahan alami cukup efektif mengatasi masalah kulit dan menjaga kesehatannya.

Lidah Buaya

Mengutip dari Insider (insider.com), kandungan dalam lidah buaya mampu menjaga kelembaban kulit sehingga bibir kering bisa dicegah. Tak hanya itu, molekul polisakarida dalam lidah buaya pun mampu meningkatkan produksi sel kulit baru.

Artinya, bibir yang kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan lebih cepat. Namun, Anda perlu menguji coba lidah buaya terlebih dahulu di satu bagian kulit. Tujuannya untuk mencegah munculnya reaksi alergi atau efek samping yang lain.

Madu

Cara mengatasi bibir kering bisa Anda lakukan dengan madu. Selain melembabkan kulit, kandungan dalam madu berguna untuk mengobati luka yang muncul akibat bibir kering dan pecah-pecah. Antibakteri dalam madu pun bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari infeksi.

Anda hanya perlu mengaplikasikan madu ke bibir. Diamkan dulu selama 20 hingga 30 menit kemudian bilas dengan air. Supaya hasilnya bisa lebih maksimal, cobalah untuk mengoleskan madu ke bibir sebelum tidur lalu bersihkan sisa madu di pagi hari.

Minyak Kelapa

Selain lidah buaya dan madu, minyak kelapa juga cocok dijadikan cara mengatasi bibir kering, lo. Antiinflamasi, antibakteri, dan kandungan lain dalam minyak kelapa berguna untuk mengobati luka dan mencegah infeksi akibat bibir kering.

Anda bisa mencampur minyak kelapa dengan gula lalu gunakan campuran itu sebagai eksfoliator. Dengan begitu, sel kulit mati bisa terangkat sehingga regenerasi sel kulit menjadi lebih baik. Namun, pastikan untuk tidak menggosokkannya terlalu kasar karena justru bisa membuat iritasi.

Cara Mencegah Bibir Kering

Salah satu cara mencegah bibir kering yang direkomendasikan Insider adalah tidak membasahi bibir dengan air ludah terlalu sering. Kebiasaan itu justru membuat bibir menjadi lebih mudah kering. Pastikan untuk memakai pelembab alami di atas secara rutin agar kondisi kesehatan bibir terjaga.

Editor: Belladina Biananda

SUMBER:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/efektif-inilah-3-cara-mengatasi-bibir-kering-plus-cara-mencegahnya