Bukan Madu Biasa, 6 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Alia Presilia
Freelance Writer
Passionate about writing, curious about everything.

22 Februari 2021 20:15 Diperbarui: 22 Februari 2021 20:43

Saat ini clover honey sedang menjadi perbincangan banyak orang di media sosial, bukan hanya hits, madu ini memiliki beragam manfaat mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Clover honey sendiri merupakan jenis madu yang berasal dari nektar tumbuhan semanggi (clover). Nektar yang dikumpulkan oleh lebah dari tumbuhan ini menghasilkan rasa manis beraroma bunga.

Berbeda dengan madu lainnya, clover honey memiliki tekstur yang lebih padat dan kental serta memiliki warna cenderung kuning terang. Madu ini memiliki senyawa antioksidan yang tinggi dan juga kandungan nutrisi yang lengkap, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, magnesium, protein, kalium, dan masih banyak lagi.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, tentu saja banyak manfaat yang didapat jika kita mengonsumsinya. Apa sajakah manfaatnya? Yuk, simak informasi dibawah ini.

1. Mampu meredakan flu dan batuk

Selain kandungan nutrisi, clover honey juga memiliki kandungan antibakteri, antivirus, dan antiradang yang mampu meredakan gejala flu dan batuk.

Kamu bisa campurkan 1 – 2 sendok teh clover honey ke dalam air hangat dan minum 2 kali sehari. Hal ini akan membantu mengatasi flu dan batuk serta sakit tenggorokan yang membuat kamu tidak nyaman.

2. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Senyawa antioksidan yang tinggi dalam clover honey memiliki sifat mencegah dan mengurangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh jadi tidak akan mudah terserang penyakit. Clover honey sangat pas dikonsumsi saat pagi hari sebelum kamu memulai aktivitas.

3. Mampu mengobati penyakit asam lambung

Clover honey memiliki kandungan enzim dan asam amino yang dapat mengurangi radang pada lambung. Selain itu, madu ini juga dapat memberantas Helicobacter pylori yaitu bakteri yang menyebabkan asam lambung.

Sistem pencernaan juga akan lancar karena kandungan gula yang ada pada clover honey berfungsi sebagai prebiotik yang dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan.

4. Mampu menyembuhkan luka lebih cepat

Dilansir dari Journal PubMed, clover honey memiliki kandungan antibakteri yang efektif dapat menyembuhkan luka lebih cepat dibanding jenis madu lainnya.

Selain itu, kandungan zat besi, vitamin C, dan kalium yang ada dalam clover honey juga mampu membantu mempercepat penyembuhan luka dan menumbuhkan sel kulit baru.

5. Mampu mencegah penyakit kronis

Efek negatif dari radikal bebas tentu sangat berbahaya bagi tubuh kita. Hal itu pula yang dapat membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Dilansir dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, kuatnya kandungan antioksidan polifenol yang ada dalam clover honey mampu mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes hingga hipertensi.

6. Sebagai anti aging

Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, clover honey mampu menjaga elastisitas kulit dan melindungi kulit dari kerusakan sel.

Sifat antiinflamasi yang ada dalam clover honey pun dapat membantu mencegah efek penuaan dini. Agar lebih maksimal, jangan lupa tetap memakai sunscreen saat beraktivitas di luar rumah, ya.

Nah, itulah 6 manfaat clover honey untuk kesehatan tubuh maupun kulitmu. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya bagi tubuh kita. Pantas saja madu ini populer dan menjadi favorit banyak orang. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

SUMBER:

https://www.kompasiana.com/aliapresilia/603260528ede4811e656f064/lagi-hits-6-manfaat-clover-honey-untuk-kesehatan-hingga-kecantikan