Budidaya Lebah Klanceng Makin Berkembang, PT Perigi Karya Berkah Buka Cabang di Madiun

Senin, 01 Maret 2021 – 13:54 | 10.58k

Pewarta: Shinta Mayduani Primaningrum (CR-211) | Editor: Bambang H Irwanto

TIMESINDONESIA, MADIUN – PT Perigi Karya Berkah atau yang biasa disebut Lebah Berkah memang baru berdiri pada 2020 di Malang. Namun sebelumnya, sudah berpengalaman dalam bidang budidaya lebah klanceng.

Lebah klanceng merupakan spesies Trigona (Trigona sapiens dam Trigona clypearis) yang tidak bersengat. Lebah ini bertahan hidup dengan cara mengigit, bukan menyengat.

Lebah Berkah akhirnya membentuk sebuah PT untuk mengembangkan usaha perdagangan lebah klanceng dan produk turunannya secara lebih luas karena sudah ada jalur distribusi untuk pangsa ekspor.

Pada 7 Februari 2021, Lebah Berkah membuka cabang di Madiun untuk perluasan usaha karena respons yang cukup baik dan banyak yang berminat. Saat ini banyak sekali jenis usaha kemitraan dan masyarakat yang semakin paham akan kemudahan beternak dan bertani dengan sistem kemitraan yang memudahkan, terutama dalam bidang pemasarannya.

Ada dua sistem kemitraan yang ditawarkan dari Lebah Berkah. Yang pertama, jual beli putus, bibit lebah klanceng dan produk hasil-hasilnya. Yang kedua adalah jual beli dengan sistem kemitraan.

Hasil beternak lebah klanceng tidak hanya madu, ada juga propolis, bee polen dan hasil yang paling besar adalah pecah koloni baru. Karena hewan ternak harus terus berkembang biak dan beregenerasi.

Selain itu, jika bermitra dengan Lebah Berkah akan memperoleh pembinaan secara gratis dan akan dilakukan kunjungan rutin kepada para petani atau mitra agar bisa memperoleh hasil madu yang melimpah dan berkualitas.

“Usaha ternak lebah klanceng sangat mudah, maka siapapun bisa melakukannya. Jadi target market kami mencakup semua kalangan masyarakat dengan minimal usia 18 tahun,” ujar Intan Puspitasari, pimpinan Lebah Berkah cabang Madiun, Senin (1/3/2021).

Cara pembudidayaan lebah klanceng melalui Lebah Berkah ada tiga tahap. Pertama, membeli bibit koloni lebah klanceng dari perusahaan. Kedua, merawat lebahnya.

Tidak perlu keahlian khusus, cukup tempatkan kotak stup (kotak koloni lebah) di sekitaran rumah seperti di halaman, di teras ataupun di kebun dan lebah klanceng akan terbang mencari makanannya sendiri.

Ketiga, menjualnya. Ketika usia stup bibit lebah sudah berumur empat bulan, maka madu di dalam stup sudah banyak dan akan dibeli oleh Lebah Berkah.

“Kami ingin membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat di tengah pandemi dengan usaha budidaya lebah yang mudah dijalankan.

Karena masa panen lebah klanceng antara tiga sampai empat bulan. Untuk hasil yang maksimal, kami biasanya menganjurkan untuk menggunakan masa panen yang empat bulan,” tambah Intan. (*)

Publisher : Rochmat Shobirin

SUMBER:

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/330787/budidaya-lebah-klanceng-makin-berkembang-pt-perigi-karya-berkah-buka-cabang-di-madiun