Belajar Madu di Kedai Lebah

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:00 WIB

Kabupaten Bandung

Oche Rahmat

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi bagi masyarakat yang ingin lebih mengetahui tentang makanan yang dihasilkan oleh lebah.

Pengelola Kedai Lebah, Eri Sobari mengatakan bahwa selain menikmati madu, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi atau menambah pengetahuan soal madu. Yaitu dari mulai proses peternakan dari berbagai lebah penghasil madu. Di Kedai Lebah ini sudah tersedia sarang lebah ternak jenis Trigona (Klanceng atau Teuweul dalam Bahasa Sunda), serta beberapa jenis lebah lainnya.

“Disini kami ingin memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat soal madu. Karena sejatinya madu itu banyak sekali variannya. Termasuk di Indonesia yang ternyata potensinya sangat melimpah sampai 80 persen,” ujar Eri saat ditemui di Rancabali, Rabu (24/2/2021).

Pihaknya sendiri menyediakan jenis madu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya adalah Sumbawa, Kalimantan, Sulawesi, Binjai, NTT, NTB dan juga ada madu dari berbagai negara lain. Selain varian rasa, pengunjung juga dapat menikmati sajian madu yang diracik oleh barista di tempat itu. Termasuk minum madu a’la orang Eropa, tentunya dengan racikan berbagai manfaat dari lebah madu, seperti royal jeli, bee polen dan madu itu sendiri.

Kata Eri, ide mendirikan Kedai Lebah ini didasari keprihatinannya terhadap minimnya pengetahuan masyarakat tentang madu asli yang berkualitas dengan beragam varian rasa dan karakter berbeda beda. Padahal, kekayaan alam Indonesia yang subur ini, ternyata punya kontribusi sebesar 80 persen untuk memasok kebutuhan madu dunia.

Selain tak dinikmati secara luas oleh masyarakat, manisnya madu asli Indonesia ini juga tak semanis yang dirasakan oleh para peternak lebah madu. Menurut Eri, ada oknum tengkulak atau pengusaha madu “nakal” meraup keuntungan besar dari ekspor madu.

Guna membantu para peternak agar tidak menjadi oknum tengkulak nakal, pihaknya menghimpun para peternak lebah madu di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bandung ini untuk dijadikan mitra binaan. Jadi, Eri berharap, para peternak tidak hanya dijadikan sebagai objek usaha oleh para oknum tersebut.

Para peternak lebah madu di daerah ini Rancabali dan sekitarnya yang menjadi mitra binaannya ini. Sengaja diedukasi dan diajarkan soal tata cara beternak lebah madu. Dengan tujuan mereka yang sebelumnya hanya petani kopi, sayuran dan lain sebagainya itu memiliki usaha lain. Sehingga tak melulu mengandalkan hasil pertanian saja.

(fik/b)

SUMBER:

https://bandung.pojoksatu.id/read/2021/02/25/belajar-madu-di-kedai-lebah/