Bahan alami ini efektif jadi obat radang tenggorokan

Selasa, 12 Januari 2021 | 10:04 WIB Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Radang tenggorokan adalah iritasi yang menyebabkan rasa sakit dan gatal di tenggorokan. Jika terus dibiarkan, kesehatan Anda bisa cukup terganggu, apalagi karena Anda akan kesulitan untuk menelan. Ada banyak obat radang tenggorokan yang bisa Anda coba, salah satunya terbuat dari bahan-bahan alami.

Salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang adalah berkumur dengan air garam. Kandungan dalam garam akan membunuh bakteri sehingga rasa sakit tenggorokan bisa berkurang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campurkan ½ sdt garam dalam segelas air hangat. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu untuk berkumur. Ulangi cara tersebut tiap tiga jam sekali sampai rasa sakit berkurang. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan cara ini pada anak-anak untuk menghindari risiko tertelan.

Selain memanfaatkan air garam, masih ada bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Mulai dari memakai madu, teh kamomil, cuka apel, bawang putih, dan lain sebagainya.

Madu

Mengutip dari Healthline (healthline.com), madu bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan, bahkan lebih efektif meredakan batuk daripada obat batuk biasa. Cobalah untuk mengkombinasikan madu dengan teh hangat supaya rasa sakit tenggorokan berkurang.

Teh Kamomil

Ada banyak kandungan bermanfaat yang terkandung dalam teh kamomil untuk mengatasi radang tenggorokan. Mulai dari antiinflamasi, antioksidan, astringent alami, dan lain sebagainya. Minum teh kamomil bisa menstimulasi sistem imun tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Bawang Putih

Tak hanya cuka apel, bawang putih adalah bahan alami lainnya yang memiliki kandungan antibakteri sehingga cocok digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin supaya sakit tenggorokan dan pilek bisa Anda hindari.

Cuka Apel

Cuka apel juga cocok Anda jadikan obat radang tenggorokan, lo. Antibakteri dan sifat asam yang terdapat dalam cuka apel berguna untuk mengencerkan dahak sehingga penyebaran bakteri bisa berhenti. Healthline merekomendasikan beberapa langkah yang mudah untuk Anda praktikkan.

Pertama, campurkan 1-2 sdm cuka apel ke segelas air. Minum dan gunakan campuran itu untuk berkumur selama beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit tenggorokan hilang. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum banyak air putih supaya rasa sakit bisa reda lebih cepat.

Editor: Belladina Biananda

SUMBER:

https://kesehatan.kontan.co.id/news/bahan-alami-ini-efektif-jadi-obat-radang-tenggorokan-1