8 Makanan yang Tidak Perlu Dimasukkan ke Kulkas, Apa Saja?

Kompas.com – 28/03/2021, 12:02 WIB

Penulis Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernahkah Anda membuka kulkas dan tidak dapat ikut menemukan apa yang Anda cari karena kulkas penuh?

Sebagian besar dari kita memasukkan makanan atau bahan makanan maupun sayuran yang sebenarnya tidak perlu ada di kulkas. Beberapa bahan makanan dan makanan tidak basi jika tidak dimasukkan ke kulkas.

Dilansir dari Family Handyman, Minggu (28/3/2021), berikut 8 makanan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas.

1. Mentega

Banyak orang beranggapan bahwa mentega harus disimpan di kulkas karena berbahan dasar susu.

Meskipun benar bahwa mentega bisa tengik jika disimpan terlalu dekat dengan sumber panas seperti oven yang terlalu panas atau di bawah sinar matahari langsung, jika Anda menyimpan mentega dalam wadah buram dan meletakkannya di tempat yang sejuk, mentega Anda mungkin bertahan lebih lama.

2. Kemangi

Kemangi cenderung mencampurkan bau dan rasa makanan di sekitarnya. Ini juga berarti menyimpannya di kulkas dapat menyebabkannya memengaruhi bau makanan di sekitarnya.

Sebagai gantinya, simpan kemangi segar dalam sedikit air seolah-olah itu adalah karangan bunga yang baru dipotong. Ini akan terasa lebih enak dan bahkan dapat membantu mengusir lalat.

3. Bawang

Bawang memiliki masalah yang berlawanan dengan kemangi. Alih-alih menyerap bau barang lain di rak kulkas, bawang cenderung memberikan aromanya ke lingkungan sekitar, terutama jika disimpan di area tertutup seperti kulkas.

Tempat terbaik untuk menyimpan bawang adalah di tempat yang kering dengan ventilasi yang baik.

4. Madu

Madu adalah satu-satunya produk makanan yang tidak pernah basi. Alih-alih menjadi tengik, keajaiban alam emas ini justru mengkristal menjadi bentuk yang “lebih renyah”.

Madu adalah produk yang luar biasa sehingga tidak hanya dapat dimakan tanpa batas waktu. Sarang lebah dari lilin lebah yang diekstraksi dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan seperti semir furnitur hingga pembuatan lilin.

Tidak hanya tidak perlu menyimpan madu di kulkas, tetapi juga mempercepat proses kristalisasi. Itu tidak merusaknya, tetapi itu membuat pengalaman yang berbeda dengan makanan Anda.

Jadi, keluarkan madu dari kulkas dan pindahkan ke dapur untuk mendapatkan rasa madu yang klasik dan lembut.

5. Kecap, saus sambal, dan kecap ikan

Karena tingkat keasamannya yang tinggi, makanan seperti saus sambal, kecap, dan kecap ikan dapat tetap segar selama bertahun-tahun tanpa disimpan di kulkas. Rahasianya ada pada komposisi umum mereka, yakni cuka.

6. Beri

Kulkas memiliki kadar air yang tinggi, yang dapat mempersingkat masa pakai, dan sebagian besar lemari es disetel sedikit di atas titik beku. Buah beri memiliki kandungan air yang tinggi dan struktur yang rapuh, artinya jika diletakkan terlalu dekat dengan blower, buah tersebut dapat membeku.

Tentu saja ini akan mengurangi rasa dan mengubah teksturnya. Setelah Anda mencuci buah beri, pindahkan ke mangkuk dan gunakan sebagai pajangan yang menarik saat Anda tidak sedang mengemilnya.

7. Tomat

Tomat tidak perlu disimpan dalam suhu dingin. Buah yang tumbuh subur dalam cuaca hangat, tomat kehilangan rasanya karena dinginnya kulkas.

Teksturnya juga berubah, membuatnya kurang enak untuk disantap. Jika Anda pernah makan sandwich di restoran dan menemukan bahwa irisan tomat tampak agak lembek di bagian dalam dan kenyal di luar, itu mungkin karena disimpan di kulkas.

Simpan tomat di atas meja, tetapi jauh dari sinar matahari langsung, dan teksturnya akan tetap terjaga dan rasa lama setelah dipetik.

8. Kopi

Ada anggapan bahwa biji kopi dan bubuk kopi harus didinginkan. Namun, perlu diingat kelembaban kulkas cenderung tinggi.

Kelembaban itu bisa memengaruhi biji kopi atau bubuk kopi, yang akhirnya akan mengubah rasa kopi Anda.

Simpan biji atau bubuk kopi dalam wadah kedap udara, tersimpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap. Jika Anda memiliki lebih banyak kopi daripada yang akan Anda gunakan dalam waktu dekat, pilih penyimpanan di freezer.

Para ahli masih menduga bahwa rasanya akan diubah, tetapi lebih aman daripada lemari es.

Sumber Reader’s Digest

SUMBER:

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/28/120200476/8-makanan-yang-tidak-perlu-dimasukkan-ke-kulkas-apa-saja-?page=all