5 Manfaat Masker Madu, Atasi Jerawat hingga Hidrasi Kulit

CNN Indonesia | Senin, 08/03/2021 13:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Madu dikenal dengan beragam khasiat yang dimilikinya, termasuk untuk kulit. Berikut manfaat masker madu untuk kulit yang lebih sehat.

Madu merupakan cairan manis yang diproduksi oleh lebah. Cairan ini dikenal kaya akan khasiat akibat beragam nutrisi yang dikandungnya.

Madu mengandung banyak senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, flavonoid, asam fenolik, hingga karotenoid. Kesemuanya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki potensi besar untuk menjaga kesehatan kulit, terutama bagi Anda yang memiliki masalah jerawat atau kondisi autoimun seperti eksim dan psoriasis. Madu mentah berperan dalam menyeimbangkan bakteri pada kulit.

Tak hanya itu, madu juga dikenal punya kemampuan dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

Manfaat Masker Madu untuk Kulit Wajah

Anda bisa memanfaatkan madu dengan menggunakannya sebagai masker. Mengoleskan madu ke permukaan kulit wajah adalah cara yang paling sederhana demi mendapatkan khasiatnya.

Madu bisa digunakan oleh siapa saja. Namun, madu diketahui sangat bermanfaat untuk pemilik kulit kering dan sensitif.

Selain itu, perlu dicatat pula untuk selalu menggunakan madu mentah yang belum dipasteurisasi demi mendapatkan khasiatnya untuk kulit.

1. Mengatasi jerawat, psoriasis, dan eksim

Mengutip Healthline, madu dapat bekerja dengan baik pada kondisi kulit kronis tertentu, seperti jerawat yang parah, psoriasis, dan eksim. Madu dapat digunakan dalam bentuk pasta, spot-treatment, atau dengan masker wajah yang dibiarkan selama beberapa menit.

Manfaat ini didapat dari sifat antibakteri yang dimiliki jamur. Sifat antioksidan pada madu juga dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan peradangan yang menyebabkan jerawat.

Anda bisa mencampurkan madu mentah dan kayu manis. Keduanya merupakan kombinasi antioksidan dan antimikroba yang kuat.

Campurkan keduanya lalu oleskan pada kulit dan biarkan selama 8-10 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Mencerahkan kulit

Meski belum banyak bukti ilmiah yang ditemukan, namun madu juga dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah dengan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

Hal ini didapat karena sifat madu sebagai eksfoliator alami. Mengoleskan madu dapat membantu mengusir sel-sel kulit mati yang mengganggu.

Oleskan madu mentah setelah Anda mencuci muka dengan sabun dan air. Jika dirasa terlalu lengket, Anda bisa mencampurkan madu mentah dengan air. Biarkan madu menempel di kulit selama beberapa menit sebelum kemudian dibilas.

3. Menghilangkan bekas luka

Madu membantu proses penyembuhan luka. Oleskan madu pada lokasi luka.

Selain itu, untuk menyembuhkan luka pada wajah, Anda juga bisa menggunakan madu dalam bentuk masker.

4. Membersihkan pori-pori

Mengutip Byrdie, madu secara alami memiliki sifat antibakteri. Sifat ini menjadi salah satu alasan mengapa madu dirasa tepat untuk dijadikan pembersih wajah.

Campur sedikit madu mentah dengan air dan oleskan pada wajah, untuk kemudian dibilas dengan air.

5. Menghidrasi kulit

Madu menarik kelembapan ke dalam kulit dari udara. Mengoleskan madu pada wajah adalah cara yang tepat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, bersinar, segar, dan kenyal setiap hari.

Efek Samping Madu pada Kulit

Pada kebanyakan orang, madu tak menyebabkan reaksi alergi. Namun, pemilik alergi terhadap serbuk sari, seledri, dan racun lebih harus berhati-hati dalam penggunaan madu.

Selain itu, selalu uji coba produk terlebih dahulu sebelum digunakan. Oleskan madu terlebih dahulu pada tangan, misalnya, lantas pantau reaksi yang muncul. Jika tak ada reaksi yang nampak, Anda bisa menggunakan madu untuk kulit.

Hindari juga penggunaan madu bersamaan dengan lemon, baking soda, cabai rawit, atau bahan dapur lainnya pada kulit.

Pastikan juga agar wajah telah bersih dari madu saat tidur. Madu yang tertinggal di wajah dapat menarik debu dan kotoran lainnya yang justru memperparah jerawat.

Pastikan untuk menghilangkan madu dari wajah sebelum tidur. Madu yang tertinggal di wajah dapat menarik debu dan kotoran lainnya yang dapat memperparah jerawat.

Hindari juga penggunaan madu yang digunakan bersamaan dengan lemon, baking soda, cabai rawit, atau bahan dapur lainnya.

(asr)

SUMBER:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210308125515-282-615020/5-manfaat-masker-madu-atasi-jerawat-hingga-hidrasi-kulit