10 Fakta yang Luar Biasa dari Madu untuk Kesehatan Tubuh

M. Ridho Asadul Haq – 25 Februari 2021, 07:15 WIB

PORTAL JOGJA – Sejak zaman dulu, madu telah digunakan baik sebagai makanan maupun obat. Madu sangat bermanfaat dan sangat baik bagi kesehatan. Madu sangat sehat jika digunakan sebagai pengganti gula biasa karena 100% memiliki 0 kalori.

Berikut 10 manfaat madu untuk kesehatan, dikutip Portal Jogja dari laman Healthline.

1. Madu Mengandung Beberapa Nutrisi

Madu adalah cairan kental dan manis yang dibuat oleh lebah madu. Ini rendah vitamin dan mineral tetapi mungkin tinggi dalam beberapa senyawa tanaman.

Secara nutrisi, 1 sendok makan madu (21 gram) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa dan sukrosa.

2. Madu Berkualitas Tinggi Kaya Antioksidan

Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan. Ini termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi senyawa ini memberi madu kekuatan antioksidan yang sangat tinggi.

3. Madu Lebih Baik Ketimbang Gula untuk Penderita Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu meningkatkan faktor risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Namun, madu juga meningkatkan kadar gula darah, sehingga jadi tidak bisa dianggap sehat untuk penderita diabetes.

4. Antioksidan Dalam Madu Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung, dan madu dapat membantu menurunkannya. Ini karena madu mengandung senyawa antioksidan yang dikaitkan dengan tekanan darah rendah.

Studi pada tikus dan manusia telah menunjukkan adanya penurunan tekanan darah yang signifikan dari rutin konsumsi madu.

5. Madu Juga Membantu Meningkatkan Kolesterol

Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung. Jenis kolesterol ini berperan utama dalam aterosklerosis, penumpukan lemak di arteri Anda yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

6. Madu Dapat Menurunkan Trigliserida

Trigliserida yang meningkat merupakan faktor risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat menurunkan kadar trigliserida, terutama bila digunakan sebagai pengganti gula.

7. Antioksidan Didalam Madu Baik untuk Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam madu diyakini memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan jantung, termasuk peningkatan aliran darah ke jantung Anda dan penurunan risiko pembentukan gumpalan darah.

8.Madu Bisa Digunakan untuk Penyembuhan Luka

Saat dioleskan pada kulit, madu dapat menjadi bagian dari perawatan efektif untuk luka bakar, luka gores dan banyak kondisi kulit lainnya. Ini sangat efektif untuk ulkus kaki penderita diabetes.

9.Madu Membantu Menekan Batuk pada Anak

Untuk anak di atas usia satu tahun, madu dapat berfungsi sebagai pereda batuk alami dan aman. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu bahkan lebih efektif daripada obat batuk.

10.Lezat, Tapi Masih Tinggi Kalori dan Gula

Madu adalah alternatif pengganti gula yang lezat dan lebih sehat. Pastikan untuk memilih merek yang berkualitas tinggi, karena beberapa merek yang berkualitas lebih rendah dapat dicampur dengan sirup.

Ingatlah bahwa madu hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, karena masih tinggi kalori dan gula. ***

Editor: Siti Baruni

Sumber: Healthline

SUMBER:

https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-251493670/10-fakta-yang-luar-biasa-dari-madu-untuk-kesehatan-tubuh